(Android Apps) Rantonesia IoT PadLock

network-782707_960_720

Video : https://www.youtube.com/watch?v=tkqfh8sx_CY

Bayangkan….anda mempunyai sebuah remote control ditangan anda, yang dengannya anda dapat mengontrol semua device yang terkoneksi dengan internet di seluruh dunia. Mulai dari sekedar menyalakan dan mematikan lampu rumah anda di bilangan Dago kota Bandung, mengaktifkan dan menyalakan power supply server anda di New York atau buka-tutup katup saluran air peternakan sapi anda di Australia….

Gunakan imajinasi anda…andaikan ada sebuah device atau robot yang harus anda kendalikan dari kejauhan karena harus mengukur temperatur kawah sebuah gunung berapi misalnya…..

Rantonesia Padlock adalah sebuah rintisan aplikasi android sederhana yang berupa deretan keypad untuk pengontrolan IoT device yang terkoneksi dengan Geeknesia. Rantonesia diambil dari akronim Rantonic dan Geeknesia, sedangkan PadLock berarti kunci gembok sehingga makna keseluruhan dapat diartikan kunci gembok jarak jauh yang dikontrol internet melalui Geeknesia….begitulah kira-kira…barangkali…:)

DISCLAIMER

  • Aplikasi android ini adalah aplikasi universal rintisan, anda dapat memperoleh dan menggunakannya secara gratis dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Aplikasi ini telah diuji coba pada SAMSUNG Galaxy Tab 2 type P3100 dan berjalan baik. Pada gadget type lain mungkin ada perbedaan. Untuk mengatasi hal itu telah tersedia installer dengan default Geeknesia api key.
  • Rantonic tidak bertanggung  jawab apabila pada beberapa gadget tertentu aplikasi ini tidak berjalan dengan baik, tampilan tidak bagus atau mengganggu kinerja operating system android.
  • Aplikasi ini diharapkan dapat bermanfaat dan dapat digunakan untuk tujuan keilmuan,  bisnis, kemudahan dan kemaslahatan orang banyak, bukan digunakan untuk tindakan-tindakan yang melawan hukum seperti kegiatan terorisme, memata-matai (spionase) illegal, kontrol robot atau drone illegal untuk persenjataan atau tindakan kriminal lain yang sejenis.
  • Rantonic tidak bertanggung jawab terdapat penyalahgunaan hal-hal tersebut di atas. Segala pelanggaran dan penyalahgunaan dapat dituntut dan ditindak tegas oleh pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dan hukum internasional.
  • Rantonic tidak menjamin ketepatan waktu real time antara Rantonesia PadLock dan device IoT. Kecepatan reaksi diantaranya tergantung pada infrastruktur internet pada masing-masing daerah tertentu.
  • Sebagai konsekuensinya Rantonic pada saat ini belum dapat menjamin aplikasi ini dapat digunakan untuk safety critical application seperti pada kendali transportasi, medis, sekuriti dan lain-lain. Pengembangan untuk aplikasi-aplikasi tersebut harus didiskusikan lebih lanjut.

Rantonesia PadLock dapat di-download pada link berikut :

http://www.rantonic.com/page/9/Rantonesia

Atau langsung ke :

Rantonesia PadLock tanpa default Geeknesia api key (recommended) :

http://www.rantonic.com/image-upload/RantonesiaPadLock.apk

Rantonesia PadLock tanpa default Geeknesia api key (untuk gadget tertentu) :

http://www.rantonic.com/image-upload/RantonesiaPadLockAlt.apk

Anda sebaiknya download yang pertama dengan menggunakan Geeknesia api key anda sendiri.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA?

RantonesiaCloud

Rantonesia Padlock (RPadLock)  tidak lebih dari sebuah aplikasi remote control sederhana. Perbedaannya  RPadLock dapat mengontrol device (thing) asalkan device tersebut terhubung dengan Geeknesia. Dengan kata lain RPadLock merupakan aplikasi android yang universal dan dedicated untuk Geeknesia.

Langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat digunakan untuk mengontrol device anda adalah :

  • Buat account Geeknesia seperti biasa. Masuk ke dashboard-nya dan dapatkan api-key anda.
  • Download file apk Rantonesia PadLock pada link di atas.Install  file apk tersebut pada smartphone anda (android only).
  • Pada saat penginstallan pertama anda akan diminta untuk memasukkan Geeknesia api-key anda.Masukkan Geeknesia api-key anda pada form yang tersedia.
  • Aplikasi telah dapat langsung digunakan.

Rantonesia

Pada layar utama RPadLock terdapat keypad seperti pada telepon rumah. Angka pada keypad merupakan representasi data 10 bit data biner bit 0 sampai dengan bit 9. Jadi apabila angka 1 dan 3 di-klik maka data yang akan dikirim ke Geeknesia adalah 10 desimal = 0A heksadesimal = atau 0000001010 biner dan akan bernilai 1023 desimal apabila seluruh tombol ditekan. Setiap tombol yang ditekan akan berubah warna menjadi kuning dan akan berubah kembali menjadi merah apabila ditekan lagi.

Tombol SET digunakan apabila anda akan meng-edit atau mengganti Geeknesia api-key anda. Sedangkan OUT untuk keluar dari aplikasi.

Komunikasi antara RPadLock dengan Geeknesia menggunakan protokol raw http dengan metode GET.

Pada device anda (anda bebas menggunakan platform hardware : arduino, ESP8266, Raspberry Pi, Intel Galileo, Rabbit dll) dapat digunakan protokol http dengan metode GET.

Misalkan pada arduino anda dapat menggunakan perintah berikut :

ethClient.println("GET http://api.geeknesia.com/api/attribute/RN?api_key=your_api_key");

ethClient.println(" HTTP/1.1");

ethClient.println("Host: api.geeknesia.com");

ethClient.println("X-Auth-Token: My Token");

ethClient.println("Connection: close");

ethClient.println();

Harap diperhatikan bahwa attribute name yang harus digunakan adalah RN (singkatan dari Rantonesia). Apabila perintah telah berhasil dikirim maka Geeknesia akan memberikan respon output sebagai berikut :

{"output":{"attribute":{"RN":128}}}

Dalam contoh respon output di atas data bernilai 128 desimal. Data tersebut diperoleh dari komunikasi ethernet dan berupa deretan data string. Anda harus melakukan parsing data yang mengandung nilai dari attribut dan kemudian mengkonversi data string tersebut ke dalam integer misalnya dengan menggunakan perintah atoi(string). Setelah menjadi data integer anda tinggal menguji nilai setiap bit yang akan dikeluarkan pada port digital mikrokontroler.

Sebagai contoh apabila anda akan menguji bit ke-5 anda tinggal melakukan operasi logika AND nilai integer hasil konversi dengan 0x20 hexadesimal. Apabila nilainya 0x20 heksadesimal atau 32 desimal maka bit tersebut nilainya HIGH apabila nilainya 0x00 heksadesimal maka nilainya LOW.

Selamat Mencoba…!


Artikel di atas dapat dilihat pula di www.geeknesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *