Rabbit Microprocessor Basic Tutorial [Bagian 1]

rabbitplayboy

“Hello World…”

Rabbit Semiconductor adalah perusahaan yang mendesain dan menjual microprocessor dan modulnya. Untuk developement rabbit menyediakan Dynamic C, pemrograman non-standar bahasa C yang mempunyai struktur khusus untuk multitasking.

Rabbit Semiconductor dibeli oleh Digi International, Inc pada tahun 2006. Sebelumnya Rabbit Semiconductor merupakan divisi dari Z-World, Inc. Z-World mengembangkan dan memproduksi produk-produk kontroler dan juga software development environments (IDE).

Keluarga prosesor Rabbit berbagi fitur dengan prosesor Zilog Z80/Z180. Sebagai contoh register-register pada Rabbit 2000/3000 hampir sama dengan register-register pada Z80/Z180. Prosesor Rabbit 4000 berkembang dengan memasukkan register-register 32 bit. Instruction set pada prosesor Rabbit sangat dekat pula dengan susunan intruction set pada keluarga Z80/Z180. Sementara opcode pada banyak instruksi yang sama antara prosesor Rabbit 2000/3000 dan prosesor Z80/Z80.

Keluarga prosesor Rabbit mempunyai fitur yang sangat unik. Sebagai contoh, keluarga prosesor Z80/Z180 men-disable interrupt sekali ketika sebuah interrupt dilayani oleh interrupt service routine. Namun, prosesor Rabbit mengzinkan interrupt meng-interrupt interrupt service routine berdasarkan prioritas (total prioritas 4).

Keluarga prosesor Rabbit mempunyai arsitektur CISC (Complex Instruction Set Computing) yang mana sebuah instruksi dapat mengeksekusi beberapa operasi low-level seperti load dari memori, operasi aritmatika dan penyimpanan memori dan mampu melakukan operasi multi-stepĀ  atau addressing mode pada sebuah instruksi tunggal. Arsitektur CISC diaplikasikan pada System/360 melalui z/architecture,PDP-11,Motorolla 68k dan x86.

Prosesor Rabbit mempunyai IDE yang disebut Dynamic C yang mempunyai penambahan dan pengurangan dari standar ANSI-C biasa. Kelebihan dari fitur Dynamic C adalah konstruksi yang dapat menyederhanakan multitasking.


Referensi :

www.wikipedia.org

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *