Gelombang Dahsyat Teknologi IoT Itu Di Mulai Dari Sini

IoT4IndoCrop

 

Wow…amazing… saya berada ditengah-tengah para “Young Guns” yang sangat antusias ketika membahas bagaimana dahsyatnya gelombang baru yang dinamakan Internet of Things.

Memang ada juga diantara hadirin yang ada para senior yang sudah berpengalaman makan asam garam dalam dunia persilatan Teknologi Informasi. But…, mereka dan saya sendiripun ikut larut dalam gempita dari salah satu perhelatan dalam serangkaian acara yang bertajuk IoT Indonesia Developer Day ini.

Acara ini diselenggarakan atas prakarsa DycodeEdu dan Doku dan dilaksanakan di Hotel Preanger Bandung pada tanggal 18 April 2016.

Rentetan ilmu, inspirasi, demo perangkat IoT dan peluang-peluang ekonomi yang bisa didulang dari teknologi Internet of Things ini. Diramu dalam suasana yang santai dan akrab para pembicara mempresentasikan materinya masing-masing.

Kang Andri Yadi dari Dycode menjelaskan dengan rinci mengenai IoT mulai dari definisi dasar sampai dengan demo perangkat. Sementara itu mas Yudha dari X-I Gen produsen Panic Button dengan renyah dan penuh semangat memaparkan tentang chip Bluetooth 4 (Low Energy) pabrikan dari Nordic Semiconductor yang telah dipersenjatai IPv6 enabled.

Dari DOKU, hadir mas Andreas Aditya Swasti yang sangat menggugah ide untuk monetizing fenomena IoT melalui API yang ditawarkan oleh DOKU.

Semuanya “Very Inspiring”….

Saya sendiri didapuk sebagai fasilitator Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di penghujung acara. Kesempatan itu saya manfaatkan untuk berceloteh sedikit pengalaman yang dipetik selama hidup sebagai “Tukang Ngoprek” dan otak-atik IoT terutama dari sisi hardware dan berusaha memetik sebanyak-banyaknya pengalaman-pengalaman berharga dari peserta yang surprisingly walaupun masih muda belia namun beberapa telah merintis startup-nya.

Acara FGD ini dibagi menjadi empat grup dan saya harus berganti grup setiap interval waktu yang telah ditentukan panitia dan bertukar tempat dengan fasilitator lainnya yaitu mas (another) Indra dari e-Fishery, kang Andri Yadi dari Dycode dan mas Andreas dari DOKU.

Setelah Bandung, acara serupa akan digelar di Bogor pada tanggal 23 April 2016 dan tanggal 24 April 2016 di Jakarta sebelum akhirnya kembali ke Bandung pada bulan Mei mendatang.

Selain meetup dan diskusi acara kemarin juga meluncurkan Indonesia IoT Challenge dengan hadiah menarik yaitu uang cash dan perjalanan ke Shenzen, China untuk mengikuti pameran IoT dunia dan Lomba Blog IoT.

Bagaimana? apakah anda hanya duduk termanggu menunggu gelombang besar IoT itu datang dan anda akan tergulung sebagai pengguna saja, bukan sebagai player yang berselancar dan menikmati pundi-pundi kesuksesan dari gelegar Internet of Things ini…Ayo bangkit Indonesia !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *