Cara Paling Mudah Mengontrol file MP3 dengan TDB380 Module

robotkertas

Seringkali kita dihadapkan pada sebuah keperluan proyek yang men-syaratkan sebuah sistem stand alone (tanpa PC) yang melibatkan sebuah kontroler dengan output audio. Proyek tersebut mungkin saja sebuah ticketing machine, robot yang harus berbicara, mainan anak-anak, sistem keamanan gedung, mesin antrian, industri dan lain-lain. TDB380 dengan kemampuannya menjalankan kurang lebih 3000-an slot file berformat mp3 dengan besar memory SD Card sampai dengan 8GB dapat menjadi sebuah solusi. Desain tipikal biasanya melibatkan sebuah mikrokontroler dengan masukan berupa sensor, digital input, masukan dari PC atau jaringan dengan output berupa voice/audio. TDB380 dapat bekerja pada kisaran power supply 5VDC sampai dengan 24VDC.

TDB380TypicalApplicationSebenarnya audio output stereo dari TDB380 sudah mampu menggetarkan sepasang earphone kecil, namun apabila kita ingin suara dari TDB380 memenuhi ruangan atau untuk keperluan outdoor maka diperlukan sebuah Power Amplifier yang memadai.

MODE SELECTION

Sebagai modul yang dikontrol oleh sebuah mikrokontroler, TDB380 dapat dihubungkan secara serial UART atau parallel. Biasanya TDB380 dikontrol pada level logika 5V-0V untuk level yang lain sebaiknya ditambahkan IC logic translator atau optoisolator. Untuk setting mode interface ini dapat dilakukan dengan menghubungsingkatkan atau melepas solderan dua buah resistor SMD (R13 dan R12 ) pada module TDB380.

TDB380ModeSelect

Harap diperhatikan bahwa pada gambar yang ditandai dengan warna merah muda posisi R13 (M0) pada logika ‘1’ (tidak disolder) dan R12 (M1) pada logika ‘0’ (disolder). Pola mode selection dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

TDB380ModeTable

Untuk lebih jelasnya dapat di-download datasheet TDB380.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *